Sony Ericsson G705

Pas dalam memadukan desain dan fitur. Itulah yang ditunjukkan Sony Ericsson saat meluncurkan seri G705. Seri ini tampil dengan desain klasik slider khas Sony Ericsson plus fitur terkini seperti GPS, internet via HSDPA hingga akses Wi-Fi. Bagi penikmat fitur fotografi, ponsel ini juga menyediakan fitur kamera 3,2 Mpix dengan dukungan editing gambar maupun video.

Tak banyak tombol tambahan muncul di seri ini. Praktis hanya tombol pengatur volume dan shutter kamera di sisi kiri badan ponsel. Yang unik, di bagian bawah ada tombol pengunci untuk memudahkan kita membuka casing ponsel saat akan meletakkan SIM Card. Meski kartu memori sifatnya hotswap, kita perlu membuka casing baterai untuk memasang kartu memori jenis memory stick micro.

KEYPAD
Tombol navigasi dengan permukaan bertekstur membuat pengoperasian menu menjadi lebih nyaman. Sementara, penggunaan keypad numerik dari karet yang cukup empuk berukuran sesuai dengan jari membuat kita leluasa mengetik SMS.
Pengujian : Menggunakan tombol navigasi dan keypad numerik
Nilai : 3,2
Catatan : Ada lampu pendar di belakang keypad, memudahkan saat kita mengetik SMS di kegelapan.

LAYAR
Ponsel ini dibekali dengan layar 262 ribu warna TFT dengan resolusi 320 x 240 pixels. Dengan ukuran fisik 37 x 49 mm layar ponsel ini mampu menampung hingga 9 teks SMS. Bekal layar G705 termasuk oke dengan sajian yang tajam, jernih, dan kaya warna.
Pengujian : Layar digunakan untuk menampilkan hasil foto
Nilai : 3,3
Catatan : Pada saat di area outdoor, menu di layar tidak tersaji sebaik ketika digunakan di dalam ruangan.

KAMERA
G705 melengkapi diri dengan kamera 3,2 Mpix. Memang, untuk memotret tempat gelap Sony Ericsson menyediakan lampu –bukan flash tapi lebih mirip sumber cahaya. Lampu ini juga bisa difungsikan sebagai senter. Sejumlah fitur fotografi menyertai seperti pemotretan mode malam, panorama, hingga multishot.
Pengujian : Memotret di dalam ruangan tanpa bantuan lampu dengan resolusi maksimal
Nilai : 3,1
Catatan : Kamera tidak memiliki fasilitas macro dan autofocus.

MUSIK
Fitur musik G705 lumayan menghibur. Dengan fasilitas Sony Ericsson Walkman, ponsel ini bisa difungsikan sebagai pemutar musik yang bisa diandalkan. Dukungan memori internal hingga 120 Mb cukup memberi ruang untuk mengeksplorasi musik pilihan. Selain itu tersedia pula akses radio FM yang bisa dimanfaatkan menggunakan headset sebagai antena eksternal.
Pengujian : Memutar satu file lagu menggunakan headset stereo dan lewat speaker
Nilai : 3,1
Catatan : Sebaiknya gunakan headset stereo untuk mendapatkan suara lebih empuk di telinga.

VIDEO
Kamera ponsel juga berfungsi sebagai perekam video. Hasil pengujian pada rekaman video menunjukkan hasil cukup baik ketika dinikmati di layar ponsel. Tapi, begitu dipindah ke komputer, terlihat sekali adanya delay gambar. Selain itu ada fasilitas untuk mengunggah video langsung ke situs YouTube.
Pengujian : Merekam video dengan durasi semenit pada kondisi di dalam ruangan
Nilai : 3
Catatan : Ada fasilitas video DJ untuk mengedit hasil rekam video.

INTERNET
Akses internet yang menjadi pusat fitur seri ini tampaknya diperhatikan betul oleh Sony Ericsson. G705 hadir dengan bekal akses internet via HSDPA. Selain kita bisa merasakan sensasi akses internet kecepatan tinggi via jaringan selular, tersedia pula akses internet via Wi-Fi. Jadi, kita bisa mengganti setting koneksi internet dengan lebih leluasa. Tak ada jaringan HSDPA, akses ke hotspot pun jadi.
Pengujian : Mengakses salah satu situs internet menggunakan Wi-Fi
Nilai : 3
Catatan : setting otomatis ke operator selular GSM di Tanah Air sudah disertakan

KONEKTIVITAS
Seri ponsel ini punya koneksi kabel dan nirkabel dengan perangkat lain. Untuk nirkabel, tersedia koneksi bluetooth sedangkan yang kabel menggunakan kabel USB. Koneksi bluetooth juga mendukung teknologi A2DP. Dari pengujian, koneksi bluetooth berjalan lancar setelah proses bonding antar perangkat berhasil dilakukan.
Pengujian : Mengirim berkas foto dari ponsel ke komputer lewat bluetooth
Nilai : 3
Catatan : Selalu gunakan password saat bonding antar perangkat bluetooth demi keamanan.

GPS
Fitur ini termasuk kelebihan dari seri ini. Sony Ericsson menyertakan fasilitas Google Map dan fasilitas assisted GPS. Selain itu bila digabungkan dengan fasilitas kamera, ada fasilitas geotagging. Untuk menikmati GPS ini, Sony Ericsson menyediakan fasilitas peta dari Wayfinder Navigation.
Pengujian : Menggunakan fasilitas geotagging saat memotret
Nilai : 3
Catatan : Aplikasi Google Maps rakus mengkonsumsi data, sehingga perlu perhatian tersendiri kalau ingin berselancar ke aplikasi ini.

Kinerja
Dengan segala fitur terkini yang menyertai, seri ini memang punya andalan yang memadai. Dari pengujian didapatkan hasil, fitur bekerja dengan baik, meski koneksi HSDPA hanya beberapa tempat bisa didapatkan karena belum ratanya jaringan operator yang menyediakannya layanan ini.

Baterai
Data Vendor
Menurut Sony Ericsson, baterai lithium Ion 950 mAh yang dipakai mampu bertahan hingga 10 jam waktu bicara dan 400 jam waktu siaga.

Hasil Pengujian
Ponsel ini digunakan standby selama tiga hari, bar baterai hanya berkurang setengah dari kondisi penuh. Proses charging sampai penuh sekitar 2 jam.

disunting dari : http://www.selular.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: